-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Balitbang Lambar Optimistis raih Peringkat Pertama dalam Lomba Inovatif Goverment Award ( IGA) Tahun 2021

    06/10/21, Oktober 06, 2021 WIB Last Updated 2021-10-05T23:34:15Z


     

    Tribunpagi.co.id - Lambar - Inovatif Goverment Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kementrian Dalam Negeri, kepada Pemerintah Daerah. bertujuan agar setiap Pemerintah Daerah di Indonesia melakukan semua bentuk Pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sesuai yang tercantum pada UU No. 23 Tahun 2014 pasal 386 ayat (2) tentang Inovasi Daerah. 


    Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BALITBANG) terus berjuang untuk meraih kesuksesan agar dapat Menempati Peringkat Pertama dalam Lomba IGA yang setiap Tahun diadakan oleh Kementrian Dalam Negri. 


    Ditemui Tribunpagi.co.id diruang kerjanya, Sadikin. S.T Kepala Bidang Pembangunan IPTEK dan Inovasi, mewakili Kepala BALITBANG Kabupaten Lampung Barat, PAIJO, SKM., M.kes


    Menjelaskan sejak Tahun 2016 kementrian Dalam Negri menginginkan Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten /Kota dapat menyampaikan inovasi-inovasi yang telah mereka lakukan melalui ajang yang dinamakan Inovatif Goverment Award (IGA) 


    Sebagai motivasi setiap daerah-daerah, Pemerintah Pusat memberikan semacam reward berupa insentif bagi daerah-daerah yang masuk dalam 10 besar di ajang inovasi ini. 


    Sejak tahun 2018 sebagai persiapan menindak lanjuti program ini Pemerintah Lampung Barat yang dalam hal ini Bupati Lampung Barat melalui Balitbang sangat konsen dalam mengikuti ajang IGA, Yaitu membentuk suatu program yang di beri nama Inovasi Hebat namun belum berhasil mendapatkan peringkat.


    Di tahun 2019 dibuatlah PERBUB mengenai SOSIS yang kepanjangan dari Sai inovasi Sai OPD.Sai inovasi di dalam SOSIS ini , setiap OPD wajib memiliki satu inovasi.

    Alhamdulillah Lampung Barat berhasil mendapatkan Ranking ke 25 tingkat Nasional.


    Selanjutnya di tahun 2020 membuat program PM Indah. Yang mana di program ini setiap pejabat baik eselon II, III dan IV wajib memiliki satu inovasi 


    Dengan adanya peningkatan inovasi yang dilakukan Melalui Program PM Indah berhasil menduduki peringkat 6 (Enam) tingkat Nasional. 


    Kurang puas dengan peringkat yang didapat di tahun 2021 kembali membuat program yang hasilnya Lampung Barat dapat menduduki peringkat ke 1 (Satu) tingkat Nasional di tahapan verifikasi. 


    Insya Allah di Tahapan yang kedua yaitu paparan Kepala Daerah 

    kita Optimis dapat mempertahankan peringkat kesatu jelas Sadikin.


    Terkait kendala yang dihadapi dalam kegiatan ini Sadikin. S.T mengatakan bahwa cukup banyak kendala yang dihadapi Dinas Baltbang sebagai Leding Sektor dalam kegiatan IGA, 


    diantaranya kurangnya pemahaman OPD dan Pejabat Eselon terkait yang banyak persepsi. 

    Kemudian kendala dimasa pandemi ini, keterbatasan ruang gerak yang mana beberapa bulan yang lalu

    Bekerja dari rumah work form house (WFH )


    Menyikapi hal tersebut Balitbang Lampung Barat memberikan pendampingan dan bimtek kepada pejabat terkait sehingga mereka bisa memahami bahwa inovasi itu tidak terlalu sulit. 


    Namun Alhamdulillah Dengan semangat dan keseriusan Tim, kita bisa mendapatkan peringkat pertama. 


    Kedepan BALITBANG Lampung Barat, akan terus mempertahankan predikat terbaik tingkat pertama Nasional, dengan kunjungan kerja ke daerah-daerah lain yang lebih dulu mendapatkan penghargaan seperti Banyuwangi, Wonogiri, Situbondo dan sebagainya.


    Dan terus melakukan perlombaan -Perlombaan di tingkat OPD dan Masyarakat agar dapat menggali inovasi-inovasi yang ada di masyarakat.


    membentuk klinik inovasi yang bertujuan membentuk tim untuk menggali Inovasi dan mengumpulkan eviden dan memberikan pemahaman kepada ASN maupun masyarakat bahwa terkait inovasi itu tidak sesulit yang dibayangkan untuk lebih banyak membuat inovasi.

    ( FERRY )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini