-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Kepala UPTD Pertanian Rebang Tangkas Dan Pihak AAE Pupuk Indonesia Sampaikan Hak Jawab.

    20/06/23, Juni 20, 2023 WIB Last Updated 2023-06-20T12:12:20Z


     

    Way Kanan- Tribunpagi.co.id

    Adanya pemberitaan yang dimuat dimedia Tribunpagi.co.id tertanggal 18 Juni 2023 dengan judul https://www.tribunpagi.co.id/2023/06/oknum-kepala-uptd-penyuluhan-pertanian.html


    Bp Efendi selaku kepala UPTD Pertanian Kecamatan Rebang Tangkas dan Yudha Selaku AAE Pupuk Indonesia menyampaikan hak jawab, Senin 19 Mei 2023.



    Penyampain Hak Jawab yang diajukan merujuk pada Pasal 5 ayat 2 jo Pasal 18 ayat 2 UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Peraturan Dewan Pers Nomor 9/Peraturan-DP/X/2008 tentang Pedoman Hak Jawab.


    Adapun Hak Jawab tersebut sebagai berikut : Penulusuran terkait dugaan ada penimbunan pupuk subsidi di Gapoktan Rukun Jaya Sentosa terus bergulir. Dari hasil mediasi yang dilakukan oleh pihak Dinas TPHP Way Kanan, UPTD Pertanian Rebang Tangkas dan Pihak AAE Pupuk Indonesia, Senin (19/6/2023) telah terkuak fakta baru.


    Diketahui bahwa Ketua Gapoktan Rukun Jaya Sentosa telah menjabat sejak tahun 2008. Dan sejak saat itu telah aktif dalam proses penebusan pupuk bersubsidi dan berdasarkan laporan telah tersalurkan.



    Surat pernyataan tertanggal 19 Mei 2023 yang dicap dan ditandatangani kepala UPT Pertanian Rebang Tangkas yang menyatakan bahwa benar Bp Sarmin  masih menjabat sebagai ketua Gapoktan Rukun Jaya Santosa Kampung Tanjung Raya, Itu dibuat untuk memenuhi permintaan keterangan penjelasan terkait pemeriksaan dugaan penyalah guna pupuk bersubsidi sebelumnya yang meminta penjelasan siapa Bapak Sarmin sebenarnya.


    "Surat yg ditandatangi pada tanggal 19 Mei 2023 adalah surat pernyataan bahwa benar dia masih menjabat sebagai ketua gapoktan, bukan SK, karena memang sudah dari 2008 dia jadi ketua gapoktan," ujar Kepala UPTD Pertanian Rebang Tangkas.



    Dia juga menambahkan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk membatasi komunikasi dengan awak media. Namun karena kondisi satu dan lain hal maka sementara waktu kontak upt memang belum bisa dihubungi karena sebelumnya pihak upt dan media memang sudah berkomunikasi dengan baik.


    Selanjutnya menurut AAE Pupuk Indonesia Yudha, pihaknya sebagai pengawas pupuk selama ini bertugas untuk mengawasi pupuk telah melakukan pengecekan data tebus dan salur  bahwa kios benar melakukan penebusan dan penyaluran pupuk sesuai dengan prosedur.


    "Saya sebagai AAE pupuk Infonesia hanya bertugas sebatas mengawasi administrasi pupuk dari distributor sampai kios mengenai data salur dan tebus, dan membenarkan bahwa memang di tanggal 18 April kios melakukan penebusan dan penyaluran pupuk, sesuai dengan keterangan pihak kios dan gapoktan tersebut" jelasnya.




    Karena dirinya menepis jika pihaknya dianggap sebagai oknum yang ikut memperlancar dalam aksi dugaan penyalahgunaan penyaluran pupuk bersubsidi.


    Secara bersamaan UPT pertanian rebang tangkas dan AAE pupuk Indonesia menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak akan menghalang halangi  penyelidikan rekan- rekan media apabila memang oknum Gapoktan tersebut benar melakukan penyalahgunaan penyaluran pupuk bersubsidi


    Perbedaan penyampai kompirmasi yang disampaikan kepada team jurnalis Bahwasannya kompirmsi yang disampaikan kepada dinas terkait dan diteruskan ke team jurnalis oleh Ketua KP3, Saipul, S.Sos.,M.IP. Yudha dan Efendi menjelaskan bahwasannya itu merupakan kompirmasi kami ke pimpinan terkait dugaan permasalahan sebelunya dan/atau bukan menyangkut temuan kawan kawan yang saat ini, Jelasnya. ( Deta Suryana/Team)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini