-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Bupati Tanggamus Hadiri Musrembang Dan RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2024.

    15/03/23, Maret 15, 2023 WIB Last Updated 2023-03-15T13:17:31Z


     



    Tribunpagi.co.id, Tanggamus--- Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani hadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSREMBANG) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten tanggamus tahun 2024 di Gor Ratu pekon Kota Agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Pada Rabu, 15/3/2023)


    Dalam sambutan nya,Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani menyampaikan, merujuk dari UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode satu tahun, sebagai penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah yang merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, top down dan bottom up. Oleh karena itu Rancangan RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum Musrenbang mulai dari tingkat Pekon, Kelurahan, Kecamatan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada Rancangan RPD Tahun 2024-2026 sebagai pengganti RPJMD Tahun 2018-2023, memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan Provinsi Lampung melalui Agenda Kerja Utama Rakyat Lampung Berjaya serta sasaran pembangunan nasional yang dicanangkan melalui 5 Arahan Presiden dan 7 Agenda Pembangunan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024. 


    Selain itu dalam rangka peningkatan pelayanan dasar masyarakat, program kegiatan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam Rancangan RKPD Tahun 2024 harus disesuaikan dengan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya tercapainya Standar Pelayanan Minimal. "Hanya dengan cara ini kita secara komprehensif dapat memecahkan permasalahan pembangunan daerah", melalui penyediaan infrastruktur dan pelayanan dasar masyarakat, serta pengurangan kesenjangan pembangunan antar daerah yang masih dipengaruhi pasca pandemi Covid-19, sehingga tema pembangunan tahun 2024 yang diangkat yaitu “Pemantapan Daya Saing Daerah Untuk Memacu Transformasi Ekonomi”.Terangnya 



    Dalam rangka pembangunan tahun 2024 yang akan datang, Kabupaten Tanggamus telah mengidentifikasi beberapa isu strategis yang perlu segera dibenahi antara lain :


    1) Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia. 


    2) Penguatan Ekonomi Akibat Dampak Covid-19. 


    3) Pengurangan Angka Kemiskinan. 


    4) Peningkatan Partisipasi Angkatan Kerja dan Pengurangan Pengangguran.



    5) Peningkatan Produktivitas Produk Unggulan Daerah. 


    6) Penanganan Bencana Alam.


    Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak kepada segenap komponen untuk menatap kedepan, bersama-sama membangun hari esok yang lebih baik. Dengan kekompakan, suasana damai dan kondusif, Insyaa Allah segala usaha akan dapat berhasil Di depan kita, tersedia banyak kesempatan dan peluang, yang harus kita jemput dan dapatkan. Pekerjaan yang baik tanpa perencanaan hanya akan menjadi sulit. Perencanaan yang baik tanpa pelaksanaan hanya akan menjadi arsip belaka. "Marilah kita curahkan pikiran, waktu dan tenaga kita untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat Provinsi Lampung pada umumnya dan Masyarakat Kabupaten Tanggamus khususnya."Ajaknya


    Sementara saat di konfirmasi oleh awak media,Dalam Wawancaranya Staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM provinsi Lampung Drs INTIZAM yang hadir mewakili Gubernur Lampung berharap agar musrembang ini bisa benar benar berdampak baik untuk masyarakat .


    "Musrembang ini kalo bisa jangan hanya menjadi rutinitas biasa, Jadi harus ada penekanan penekanan mana yang jadi prioritas dan seriuos, baik Kabupaten Kota dan Provinsi untuk rencana ini bisa betul-betul menyentuh rakyat "Harapnya(Mansyah)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini