-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Kegiatan Posyandu Balita Dan Ibu Hamil Di kampung Gedung Harapan

    14/05/23, Mei 14, 2023 WIB Last Updated 2023-05-14T13:24:48Z


     


    Tulang Bawang,Tribunpagi.co.id - 

    POSYANDU atau Pos Layanan Terpadu merupakan sebuah program pemerintah yang berkenaan dengan masalah kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan balita.  POSYANDU  dilakukan di setiap desa oleh kader-kader kesehatan desa dengan bimbingan tenaga ahli dari Puskesmas Di Aula kampung Gedung Harapan Kecamatan Penawar Aji Kabupaten Tulang Bawang ,(10/05/2023).


    Pemeriksaan kehamilan dengan rutin merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh ibu yang sedang hamil agar mereka dapat mejalankan kehamilannya dengan normal dan janin yang di kandungnya dalam keadaan baik. Maka perlu nya pengawasan dan pendidikan agar ibu hamil mendapatkan informasi tentang hal – hal yang harus dilakukan seorang ibu hamil agar janinnya tetap sehat dan terjadi kelahiran normal bagi bayi.


    Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan  anak imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang  kesehatan.


    Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan Posyandu balita dan Bumil ini antara lain penimbangan balita/Anak dan pemberian gizi untuk Bumil ini dilakukan setiap bulan di Kampung  Gedung Harapan Kecamatan Penawar Aji Kabupaten Tulang Bawang.


    Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan yang kemudian dicatat KMS dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan Posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.


    Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok peningkatan gizi Kampung Gedung Harapan Kecamatan Penawar Aji Kabupaten Tulan Bawang.


    Dengan adanya Posyandu nya sasaran nya utamanya bayi , sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita, peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan kampung gedung harapan berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi Balita, MPASI, imunisasi,vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada Balita.


    Asupan makanan bagi ibu hamil juga berpengaruh pada tumbuh kembangnya janin maka dari itu ibu hamil harus tahu dan paham makanan apa saja yang baik dikonsumsi agar kebutuhan asupan nutrisi lengkap dapat diperoleh setiap hari oleh janin dan juga untuk mempersiapkan prosuksi Asi. Mengkomsumsi asupan sehat seperti buah- buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, air dan vitamin serta susu ibu hamil.


    Tujuan  POSYANDU yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janin nya, agar dapat mencegah dan mengatasi masalah kehamilan, untuk membantu masalah gizi, masalah sosial dan untuk memberikan pendidikan penyuluhan dalam masalah persalinan dan nifas, cara menjaga diri agar tetap sehat dalam masa hamil, membantu wanita hamil dan keluarganya untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan juga penyuluhan tentang KB beserta meningkatkan kesadaran mereka tentang kemungkinan adanya komplikasi dalam kehamilan dan persalinan


    (Juwandi)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini