-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    UPTD Puskesmas Bulok Sukamara mengadakan Gerakan Sepekan Screening TBC & Sosialisasi

    25/03/23, Maret 25, 2023 WIB Last Updated 2023-03-25T07:44:19Z



    Tribunpagi.co.id, Tanggamus---Dalam rangka memperingati hari Tuberkulosis (TBC/TB) sedunia dengan tema "Ayo Bersama Akhiri TBC ,Indonesia Bisa" UPTD  Puskesmas Bulok Sukamara Kabupaten Tanggamus melakukan percepatan penemuan Kasus TBC dengan gerakan sepekan Screening TBC (Selasa 21 Maret 2023)



    Gerakan sepekan screening TBC & Sosialisasi tersebut  dilakukan secara maraton yakni dari tanggal 20-25 maret 2023  di posyandu,Pondok Pesantren,sekolah,orang dengan kondisi khusus dan di permukiman kumuh  padat.

    Dan kegiatan antaranya  di MTS dan MA,Al-Ma'arif Suka Agung Kecamatan Bulok.




    Saat di konfirmasi Rohayati.S.ST selaku Kepala UPTD Puskesmas Suka Mara kecamatan Bulok menerangkan Bahwa Kegiatan tersebut untuk mendukung pencapaian Eliminasi TBC 2030 sesuai dengan amanat Perpres Nomer 67 Tahun 2021.




    Menurut Rohayati.S.ST tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri ,TB umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lainnya, seperti otak, ginjal dan tulang belakang. 


    Penularan Tuberkulosis(TBC ) terjadi ketika seseorang penderita (TBC ) saat batuk sembarangan / tidak pakai cara batuk yg benar .Oleh karena nya, resiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah dengan penderita TBC,ungkapnya


     



    Itulah sebabnya,dilakukan gerakan sepekan screning agar penemuan kasus TBC meningkat dan  meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan dan pengobatan TBC secara teratur, serta mendorong setiap orang untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat secara aktif.


    Dengan harapan masyarakat dan para siswa-siswi dapat mengetahui gejala dan tanda tanda tuberkulosis dan bagaimana cara masyarakat untuk pencegahan TBC. Masyarakat juga mampu mendeteksi dini anggota keluarga atau masyarakat di lingkungannya yang menderita TBC,sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri  untuk memeriksakan ke Puskesmas terdekat."Imbuhnya (Mansyah)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini