-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Bangun Kepedulian Masyarakat Akan Sampah, Ibu-ibu PKK di Tiyuh Marga jaya Indah,Kelola Barang Bekas.

    21/06/22, Juni 21, 2022 WIB Last Updated 2022-06-21T14:05:02Z


     


    Tulang Bawang Barat,Trinunpagi.co.id – Sekelompok ibu rumah tangga Di Tiyuh Marga jaya Indah Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat berinisiatif mengelola sampah hingga memiliki nilai jual. Mereka yang tergabung dalam kelompok PKK memulai usaha Sampah sudah sejak beberapa tahun lalu. 


    Setiap hari Sabtu dan Minggu, ibu-ibu PKK di Tiyuh Marga jaya beberapa pekan lalu tersebut mengumpulkan sampah dari masyarakat  yang merupakan warga serta anggota PKK.

    Ada beragam jenis sampah yang bisa disetorkan, mulai dari sampah bekas air minum kemasan, kardus, sampah plastik, hingga rongsokan. Warga pun telah dibekali ilmu untuk memilah dan memisahkan jenis sampah.


    Menurut Kepalo Tiyuh  Haryono, menjelaskan "Sampah yang diinisiasi oleh warganya, merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki  layaknya harga jual 


    Sampah ini merupakan strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah yang ada. Sehingga barang yang sudah dianggap tidak berguna ini, dapat dimanfaatkan sehingga mendapatkan nilai ekonomi,” jelas Haryono, Senin (21/06/2022).


    Lanjut Uang hasil penjualan  Sampah di Tiyuh Marga Jaya Indah digunakan untuk berbagai keperluan kelompok PKK, diantaranya, simpan pinjam, perawatan kebersihan taman, pengadaan tong sampah dan dana sosial lainnya.


    Menurutnya, selain manfaat ekonomi,  Sampah juga bermanfaat dalam pembangunan lingkungan pemukiman yang bersih, hijau, sehat dan nyaman bagi warganya.


    “Maka tak salah, jika Tiyuh Marga Jaya Indah, Kecamatan Pagar dewa,  Selain warganya yang hidup damai di tengah Tengah masyarakatnya, ibu-ibunya juga aktif dalam berbagai kegiatan yang bersifat membangun, salah satunya dengan mengelola  Sampah. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi warga lainnya, terutama warga di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” tegas nya.


    Secara umum, pengelolaan  Sampah, bukan hanya dinilai dari segi ekonominya saja. Akan tetapi, pengumpulan dan pengelolaan sampah ini menjadi upaya untuk menanamkan rasa kepedulian lingkungan bagi warga masyarakat.(Juwandi)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini