-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Pemkab Way kanan Menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Lomba P3KSS dan GSI.

    18/05/22, Mei 18, 2022 WIB Last Updated 2022-05-23T12:56:23Z


     



    TRIBUNPAGI.CO.ID-WAY KANAN

    Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P3KSS) dan Gerakan Sayang Ibu (GSI) berlangsung di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, Rabu (18/05/2022)


    Menyampaikan sambutan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, Asisten I Setdakab mengatakan bahwa kondisi dan posisi perempuan di Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan, Sebagian besar perempuan Indonesia memiliki kualitas hidup yang rendah, dimana kondisi ini diperparah lagi dengan struktur angkatan kerja perempuan Indonesia, yang didominasi oleh perempuan dengan tingkat Pendidikan yang rendah. Indonesia kental dengan budaya patriarki, asimetris, subordinatif, dan diskriminatif terhadap perempuan dalam kehidupan sosial, politik, ekonomi dan budaya.


    tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan, akses perempuan terhadap pembangunan masih rendah dibandingkan dengan laki-laki, dan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan pemberdayaan perempuan agar dapat meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan Nasional, karenanya pemberdayaan adalah satu isu yang harus muncul dalam pendekatan pembangunan, Ketika masyarakat marginal memerlukan bantuan proses penguatan ekonomi dan sosial konteks kesejahteraan hidup masyarakat”, ujar Asisten I, Selan.


    Selanjutnya, juga disampaikan bahwa pemberdayaan adalah bagaimana masyarakat yang termarginalkan mempunyai posisi tawar tertentu, sehingga menjadi pelaku proses pembangunan yang partisipatif dan aktif, bukan hanya sebagai objek pembangunan. Karena saat ini upaya pemberdayaan terhadap perempuan terus menjadi tuntutan dari berbagai kalangan, Pemerintah sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam melakukan fungsi pemberdayaan selalu berupaya memenuhi tuntutan tersebut, diantaranya melalui program terpadu pembinaan P3KSS dan GSI.


    “Tahun 2022 ini lomba P3KSS dan GSI Tingkat Provinsi Lampung yang akan mewakili Kabupaten Way Kanan yaitu Kampung Negeri Bumi Putera Kecamatan Umpu Semenguk, dengan tujuan untuk mendorong dan meningkatkan semangat kader di Kampung Negeri Bumi Putera sebagai pelaksana sesuai kebijakan yang telah ditentukan dalam upaya melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan perempuan. Saya berharap kepada seluruh OPD agar bertanggungjawab dan fungsinya terkait persiapan Lomba P3KSS di Kampung Negeri Bumi Putera ini, terkhusus Camat Umpu Semenguk dan Kakam Negeri Bumi Putera agar tidak hanya fokus dalam menggerakkan warga binaan dalam perlombaan P3KSS saja, tetapi lebih kepada aksi serta manfaat secara luas yang dapat diterima dan dirasakan oleh seluruh warga Kampung Negeri Bumi Putera”, teganya.(Dsp)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini