-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Jadi Percontohan Kebersihan Dapur, Rutan Pemalang Terima Kunjungan Studi Tiru Rutan Jepara

    02/04/22, April 02, 2022 WIB Last Updated 2022-04-02T09:42:49Z


     

    Tribunpagi, Pemalang – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang menerima kunjungan studi tiru kebersihan dapur dari Rutan Kelas IIB Jepara pada Kamis (31/03/2022).  Kunjungan tersebut merupakan respons lanjutan dari Rutan Jepara setelah Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah, Yuspahruddin menyatakan bahwa Unit Pelaksana Teknis (UPT) patut mencontoh Rutan Pemalang dalam menjaga kebersihan lingkungan.


    Kepala Rutan Pemalang, Ary Nirwanto beserta jajaran menyambut hangat kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Jepara, Arif Afandi. Dalam kunjungan tersebut, turut hadir pejabat struktural Rutan Jepara lainnya seperti Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, Benny Apridona dan Kepala Subsi Pengelolaan, Sukamto beserta staf.


    Usai tiba di Rutan Pemalang, rombongan langsung menuju dapur untuk mengamati sekaligus mempelajari tata cara menjaga kebersihan dapur mulai dari penyediaan ari minum dan bahan makan, gudang penyimpanan, alat kebersihan, hingga pembuangan sampah.


    Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, Galuh Anggoro Widodo menuturkan bahwa kebersihan dapur tidak dapat terwujud tanpa adanya komitmen yang kuat dari petugas pengelola makanan dan tamping.


    “Komitmen ini kita wujudkan mulai dari pemilihan tamping dapur yang tepat melalui mekanisme sidang TPP, kepedulian petugas kepada tamping dapur, serta kegigihan dan semangat tamping dalam menjaga kebersihan”, terang Galuh.


    Lebih lanjut Galuh menjelaskan, “Lantai dapur kita pastikan selalu dalam keadaan bersih, terdapat pemisahan tegas di mana lantai kering khusus untuk proses masak, sedangkan lantai basah khusus digunakan untuk mencuci alat-alat masak. Sehingga tidak becek atau kotor. Setiap selesai masak, semua alat dapur langsung dicuci, sampah langsung dibuang dan lantai disikat dipel hingga bersih”.


    Studi tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu lembaga yang dianggap kompeten dalam suatu hal. Pada studi tiru kali ini, Rutan Pemalang dinilai mampu menjadi percontohan bagi UPT pemasyarakatan khususnya di wilayah Jawa Tengah dalam menjaga kebersihan peyelenggaraan makanan bagi warga binaan pemasyarakatan. (ni)



    Ragil74

    Dikutip dari Humas Rutan Pemalang

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini