-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Siswa Kelas Lima Sekolah MI Makkah karta jaya Giatkan AKM

    23/11/21, November 23, 2021 WIB Last Updated 2021-11-23T11:51:20Z


     

    TRIBUNPAGI.CO.ID-WAY KANAN - Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 


    Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.


     Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


    Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. 


    Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. 


    Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau -perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan -kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).


    Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. 


    Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.


    Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.



    Begitu juga yang dilaksanakan kegiatan pelatihan ujian siswa kelas lima sekolahan Madrasah lbtidaiyah (MI ) Makkah karta jaya pada Rabo,23-11-2021 yang di laksanakan di tempat sekolah pondok moderen Makkah kecamatan Negara Batin kabupaten way kanan.


    Sejak diberlakukannya Asasemen kompetensi Minimum(AKM), tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan oleh Sekolah maupun Siswa peserta ujian, Karena agar bisa mengikuti ujian Siswa harus mengakses server CBT lokal atau server CB Pusat. 


    Pada AKMI, siswa diarahkan untuk mengakses sever lokal melalui Xambro yaitu aplikasi web khusus ujian, untuk itu siswa membutuhkan panduan mengerjakan soal.


    Dodi Saputra sebagai Guru didik menjelaskan dalam kegiatan AKM tersebut tentunya siswa didik harus memahami bermacam hal

    Oleh karena itu, saya akan membuat panduan AKMI ( Asemen kompetensi Madrasah Indonesia ) untuk siswa sebagai pedoman dalam mengerjakan soal ujian nasional berbasis komputer.


    Panduan ini saya buat lengkap dan sederhana agar mudah dipahami oleh siswa, panduan ini saya buat mulai dari langkah Login, mengerjakan soal dan sampai Logout yang baik dan benar Untuk itu diharapkan dibaca dengan baik dan bertahap sesuai dengan urutan langkah-langkahnya. Pungkasnya Dodi


    Di tempat terpisah kepala sekolah MI ( Madrasah ibtidaiyah ) Makkah karta jaya Idrus S,P,d l  mengharapkan dengan adanya pelatihan ujian berbasis komputer tersebut maka siswa untuk kedepan tidak lagi kesulitan dan memahami cara dan apa yang siswa harus di lakukan saat ujian nantinya


    Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat,Tutupnya (Deta Suryana)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini