-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Polres Lambar Gelar Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bersama Pemkab Lambar dan Pesibar

    09/10/21, Oktober 09, 2021 WIB Last Updated 2021-10-09T09:17:09Z



    Tribunpagi.co.id-Lambar - Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan vaksinasi covid-19 antara Polres Lambar, Pemkab Lambar dan Pesibar

    Di Beranda Rakyat Polres Lambar, Sabtu 9 Oktober 2021


    Dihadiri Direktur Pamobvit Polda Lampung, AKBP Joko Bintoro S.Ik.

    -- Kapolres Lambar, Hadi Saepul Rahman, S.Ik.

    -- Kepala Dinas Kesehatan Lambar dan Pesbar -- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lambar

    -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diadukcapil) Lambar.

    -- Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Pekon (PMP) Lambar

    -- Keluruh Kapolsek Lambar dan Pesibar

    -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lambar dan Pesibar

    -- Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lambar dan Pesibar

    -- Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia PPNI Lambar dan Pesibar

    -- Seluruh Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Puskesmas Lampung Barat dan Pesisir Barat.


    Kapolres Lambar Hadi Saepul Rahman, S.Ik, memaparkan mengenai perkembangan covid-19 di Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat, Ia menerangkan ketersediaan stock jumlah sisa vaksin di Provinsi Lampung sebanyak 29.780 dosis dengan rincian Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Lambar 17.298 dosis, Dinkes dan Puskesmas Pesibar 3.842 dosis, jajaran Polres Lambar 3.068 dosis dan Kodim 0422/LB (TNI) 5.572 dosis.


    Secara umum, Kapolres Lambar mengatakan capaian vaksinasi di Kabupaten Lampung Barat sebesar 22,59% dan Kabupaten Pesisir Barat sebesar 10,87% hal itu berdasarkan persentase keseluruhan jumlah penduduk yang ada di kedua kabupaten tersebut.


    Sebagai langkah tindak lanjut untuk mencapai target vaksinasi 25% di dua kabupaten itu yang melibatkan tiga komponen antara Pemerintah Kabupaten, TNI, Polri dan dibantu organisasi lainnya, Kapolres Lambar menetapkan target vaksinasi harian dengan jumlah dosis yang akan dicapai dalam waktu 72 hari mulai 8 Oktober - 31 Desember untuk Kabupaten Lampung Barat sebanyak 369.082 dan Kabupaten Pesisir Barat 210.205 jiwa/masyarakat. 


    Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut terdapat tiga instansi yang terlibat, dan masing-masing instansi mempunyai target tersendiri, untuk Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan dengan target vaksinasi mencapai 60%, TNI 20% dan Polri 20%.


    Diselenggarakannya rakor itu, Kapolres Lambar menegaskan, yaitu dalam rangka menyusun strategi di lapangan terkait percepatan vaksinasi dan bukan hanya gimik belaka. "Acara ini bukan hanya gimik kumpul-kumpul saja, tapi dalam rangka menyusun strategi untuk menyampaikan kepada forkopimda dan memberi semangat kepada kita semua agar turut berperan bagaimana teknis di lapangan dalam penanganan covid-19 ini,".


    Selanjutnya ia meminta seluruh instansi terkait menekankan pentingnya "sense of crisis" atau kepekaan dalam menghadapi krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19. Kita harus mempunyai perasaan yang sama, sense of crisis, kata Pak Jokowi, pemikiran yang sama dan tindakan yang sama

    Kemudian kita jangan terkotak-kotak antara Pemkab, TNI maupun Polri. Kita harus kerjasama, kita laksanakan kolaborasi.


    Sementara itu, menanggapi paparan yang disampaikan Kapolres Lambar, Kepala Dinas Kominfo Lambar Padang Priyo Utomo, dalam percepatan penanganan covid-19 pihaknya telah membentuk tim kreatif dalam melakukan penyebarluasan informasi dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial. "Kami memang dari pertama pandemi sudah melakukan upaya edukasi dengan membentuk tim kreatif untuk memberikan sosialiasi kepada masyarakat,".


    Kemudian dalam tanggapannya, Kepala Dinas PMP, Ir. Noviardi Kuswan, akan mengawal dan melakukan gerilya vaksinasi dengan memerintahkan seluruh peratin/lurah yang ada di 131 Pekon dan 5 Kelurahan yang ada di Lampung Barat untuk mempercepat proses target vaksinasi. Saya akan melakukan gerilya vaksinasi seperti apa yang disampaikan Pak Kapolres tadi, dan mengawal seluruh peratin secara langsung untuk mencapai target dalam vaksinasi

    ( PUTRI ).
     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini