-->
Tribunpagi.com

Berita terupdate dan berimbang

  • Jelajahi

    Copyright © Tribunpagi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    settia

    Iklan

    Publikasi kegiatan KKN Mahasiswa STKIP Nurul Huda Kelompok PPDC 15 Sumber Harjo

    14/08/21, Agustus 14, 2021 WIB Last Updated 2021-08-14T12:56:09Z



    Tribunpagi, WAY KANAN, kelompok mahasiswa PPDC 15 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda Sukaraja, Oku Timur Sumatera Selatan menggelar kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Sumber Harjo Buay Madang Timur, (14/08).


    Kegiatan KKN tersebut mengambil tema

    'TEMATIK EDUKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN DAMPAK COVID-19'.


    Mengawali kegiatan KKN yaitu dimulai dengan acara perkenalan, penyerahan, pengarahan,& penyusunan kegiatan program kerja Minggu pertama peserta kuliah kerja nyata (KKN) STKIP Nurul Huda di Desa Sumber Harjo Buay Madang Timur, OKU Timur 22 juli 2021.


    Kepala Desa Sumber Harjo Misgiono mengatakan bahwa beliau mempersilahkan kelompok mahasiswa tersebut untuk KKN di desa mereka, 

     “kami persilahkan mas, mbak jika mau KKN di Desa Sumber Harjo ini, kami ucapkan selamat datang di desa ini dan silahkan segera menyusun program kerjanya, jika nanti butuh data atau sesuatu tentang desa langsung datang ke kantor desa saja”,ujar Kepala Desa.


    Kemudian selanjutnya ketua kelompok Ananda Dimas Pratama Putra Sima Zendrato menyampaikan kronologis kegiatan selama KKN,

    -Tanggal 23 juli 2021, pemasangan poster pencegahan dan penanggulangan covid 19 di pasar templek desa Sumber Harjo, Belitang BK 3 Buay Madang Timur, OKU Timur.

    -Tanggal 25 Juli 2021, Senam sehat bersama ibu² kece,ibu² lansia dan sosialisasi di balai desa sumber Harjo Belitang Bk3 Buay Madang Timur Oku Timur, dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap semangat, semoga sehat selalu semua nya Dan kegiatan dilanjutkan menyusunan program kerja lanjutan.

     -Tanggal 26 juli 2021, Pembagian masker,bersosialisasi protokol kesehatan pencegahan penanggulangan covid19 dan foto bersama masyarakat di pasar hewan desa Sumber Harjo, Belitang BK 3 Buay Madang Timur, OKU Timur.

     - Tanggal 27 juli 2021, Meminta izin kepada kepala sekolah SD N 1 Sumber Harjo untuk membantu pembelajaran daring yang sampai saat ini kurang maksimal dari guru,wali murid maupun siswanya sendiri dan masih melakukan tatap muka tetapi tidak setiap hari dan secara bergiliran atau berkelompok karena kurang maksimal atau tidak berjalan dengan baik dalam pembelajaran daring dan pada hari ini kegiatan tatap muka dilakukan oleh Kelas 5 kelompok A.


     “Monggo, kalau mau membantu kami dalam pembelajaran, kami justru malah merasa terbantu dengan adanya kalian disini,"ujar Bapak Sumarno Kepala Sekolah SDN 1 Sumberharjo ketika di minta izin oleh mahasiswa. 


    -Tanggal 15 membantu mengajar dalam penguatan materi dan mendampingi anak-anak untuk kegiatan belajar. Kegiatan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan melaksanakan daring dari rumah siswa masing-masing. 

     -Tanggal 28 juli 2021, Mahasiswa kkn mendatangi rumah wali murid bersilaturahmi meminta izin kepada orang tua untuk membantu mendampingi membimbing anaknya yang sedang melaksanakan pembelajaran daring dilakukan setiap hari pada pukul 14.00-15.00 WIB serta meminta izin akan mengadakan program bimbel gratis online maupun offline dan sekaligus membantu mendampingi siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mengerjakan tugas daring yang diberikan oleh guru.

    -Tanggal 30 juli 2021 bersih-bersih bersama dimushola Subulussalam dan dilanjutkan penyemprotan disenfektan dilingkungan warga sekitar didesa sumber harjo, Belitang BK 3 Buay Madang Timur, OKU Timur.


     -Tanggal 31 juli 2021, Pembuatan jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh,serta menjaga kesehatan tubuh dan pembagian jamu kepada masyarakat didesa Sumber Harjo , Belitang BK 3 Buay Madang Timur, OKU Timur.Selalu jaga imun jaga iman dan kebersihan untuk memutus mata rantai penyebaran covid19,aku kamu dan kita semua bersama-sama melwan covid19.

    - Tanggal 1 Agustus 2021, Senam sehat bersama ibu-ibu kece, ibu-ibu lansia dibalai desa sumber Harjo Belitang Bk3 Buay Madang Timur Oku Timur, dimasa pandemi ini alangkah baiknya melakukan olahraga biar sehat terhindar dari penyakit dan selalu menerapkan protokol kesehatan.


    -Tanggal 02 agustus 2021, Melaksanakan program bimbel gratis online maupun offline rutin yang sebelumnya sudah meminta izin kepada walimurid maupun pihak guru, untuk materi pembelajaran seluruh pelajaran SD.

    -Tanggal 3 Agustus 2021, Mendampingi sekaligus membantu menambah kreatifitas dan juga penghasilan ibu-ibu PKK di desa Sumber Harjo dengan mengajak mereka untuk mengolah bersama-sama ketela menjadi sebuah produk ataupun olahan berupa Tiwul instan atau oyek atau makanan pokok pengganti nasi kemudian kami juga membantu mendampingi memasarkan produk tiwul instan atau oyek tersebut secara online.

    -Tnggal 07 agustus 2021 pukul 15:00 WIB KKN PPDC_15 silaturahim mengunjungi yayasan pondok pesantren Ainulhuda Desa Sumber Harjo untuk melakukan Sosialisasi ,menyerahkan tempat cuci tangan beserta sabun dan Roan membersihkan lingkungan Sekitar pondok Guna memerangi Wabah Covid19 yang Semakin meraja lela.

    Disitu kami menyampaikan banyak sekali tentang bagaimana menjaga kebersihan yang baik agar tidak kumuh dan tidak mengundang virus ataupun bakteri sebagai sarang penyakit.  

    -Tanggal 09 agustus 2021, Anggota KKN STKIP NURUL Huda membantu penguatan materi pelajaran di kelas 4 dan 5 SD N 01 Sumber Harjo bersama guru, 

    dan membuat atau mendesain vidio pembelajaran terkait materi pelajaran kelas 4 dan 5 SD yang tujuanya agar pembelajaran daring berjalan dengan baik,mempermudah guru dalam penyampaian materi maupun siswa dalam memahami materi disaat pembelajaran daring.

    -Tanggal 9 Agustus 2021 dilanjutkan dengan melakukan pendampingang Pembelajaran daring terhadap siswa disekolah SD N 01 sumber Harjo setelah materi yang sampaikan oleh guru, mahasiswa KKN memberikan pendampingan seperti mengulang materi atau medalami materi yang disampaikan oleh guru agar siswa tidak kesulitan memahami materi yang diberikan oleh guru mata pelajaran.

    -Tanggal 10 agustus 2021 kembali melakukan pendampingan kepada Orang tua peserta didik yang masih melakukan proses pembelajaran daring. 


    "Kami semaksimal mungkin Membantu orang tua yang mengalami kesulitan saat mendampingi anaknya dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru melalui media aplikasi WhatsApp, disini kami juga membantu orang tua peserta didik yang masih kesulitan saat menggunakan media sosial aplikasi WhatsApp,"imbuh Ketua KKN. 


    -Tanggal 11 Agustus 2021, Kelanjutan proges program pendampingan kreatifitas potensi diri ibu rumah tangga dalam meningkatkan penghasilan dan penguatan pendampingn peningkatan mutu pemasaran berbasis IT.

    -Tanggal 11 Agustus 2021 Bersosialisasi program edukasi pencegahan penanggulangan dampak covid19, seperti menerapkan 5M , menjaga kebersihan dan pola hidup sehat,sekaligus membantu mengajar adik-adik TPA yang mengaji secara tatap muka dan kami menghimbau untuk selalu mematuhi protokol Kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus covid19.


    “Semoga dengan adanya mahasiswa KKN STKIP Nurul Huda Sukaraja di desa Sumber Harjo dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumber Harjo, khususnya dalam bidang pendidikan yang sekarang tidak tatap muka karena Covid-19, dan juga pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa Sumber Harjo”,ucap Ananda Dimas, Ketua KKN.


    Berikut nama nama anggota kelompok KKN, 

    Nama Ketua STKIP Nurul Huda : H. Imam Rodin, S.Ag, M.Pd 

    Dosen Pembimbing Lapangan: Tri Ratna Dewi, M.Pd

    Nama Kelompok: PPDC_15 Sumber Harjo

    Anggota: 

    Ananda Dimas Pratama Putra Sima Zendrato (Ketua)

    Arif Maulana (Wakil Ketua)

    Rafika Lailatul Inayah (Sekretaris)

    Lia Santika (Bendahara)

    Binti Lailatul Khoiriyah (Anggota) 

    Diah Ayu Marlena (Anggota)

    Melina (Anggota)

    Naeilil Azizah (Anggota)

    Siti Lutfiyatul Munawaroh (Anggota)

    Nama Kepala Desa: Misgiono

    Nama Desa: Sumber Harjo.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini