Berikut ini kami bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 SMA/MA/SMK.
Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word.
Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.
Demikianlah informasi mengenai KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.panduandapodik.id/
Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word.
Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) | Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi Dasar | Kompetensi Dasar |
Teknologi Informasi dan Komunikasi | |
3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, presentasi). | 4.1.1 Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto. 4.2.1 Memakai fitur lanjut aplikasi office. |
Teknik Komputer | |
3.2.1 Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna. 3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan terkait penggunaan komputer yang lebih kompleks dari sebelumnya. | 4.2 Melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berbeda. |
Jaringan Komputer/Internet | |
3.3 Mengenal jaringan komputer lebih teknis. | 4.3.1 Menjelaskan komponen jaringan dan mekanisme yang terjadi dalam sebuah jaringan. 4.3.2 Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer |
Analisis Data | |
3.4 Memahami bahwa data dapat dikoleksi secara kontinyu dan otomatis melalui berbagai perangkat. | 4.4 Melakukan berbagai cara pengumpulan data yang dijelaskan di kelas |
3.5 Memahami aspek privasi dalam pengumpulan data. | 4.5 Mengambil dan mempublikasi data dengan memerhatikan aspek privasi. memanfaatkan fitur visualisasi dari pengolah angka |
3.6 Memahami data yang terkumpul dalam jumlah besar yang dapat ditransformasi, digeneralisasi, disederhanakan. | 4.6 Memroses data dengan fitur lanjut pemroses angka. |
3.7 Mengenal berbagai cara visualiasi data. | 4.7 Memvisualisasikan data dalam jumlah besar serta memberikan interpretasi yang berdasarkan penalaran dan prediksi data dengan |
Algoritma dan Pemrograman | |
3.8.1 Mengenal notasi algoritma. 3.8.2 Mengenal struktur/templates program dalam bahasa yang diajarkan. 3.8.3 Memahami variabel, value, konstanta, ekspresi dan instruksi input/output. 3.8.4 Memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop. 3.8.5 Memahami struktur data dasar (array sederhana). | 4.8.1 Menulis program sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu atau gabungan dari pengetahuan 3.8.1 sampai dengan 3.8.5 4.8.2 Mengkombinasikan struktur kontrol dan mengetahui akibatnya, berdasarkan dengan pengathuan 3.8.1 sampai dengan 3.8.5 |
Dampak Sosial Informatika | |
3.10.1 Mengenal Aspek sosial dari penggunaan komputer. 3.10.2 Mengetahui bahwa rancangan dan penggunaan teknologi dapat memperbaiki kualitas hidup atau memperburuk, bahkan memperlebar kesenjangan untuk mengakses informasi. | 4.10 Menunjukkan dan menjelaskan kasus-kasus sosial dari implementasi produk TIK yang menimbulkan dampak positif dan/atau negatif. |
Berpikir Komputasional (Tematis) | |
3.11 Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data, serta berpola. | 4.11 Memecahkan persoalan agak kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta berpola. |
Praktik Lintas Bidang (Tematis) | |
3.12 Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek | 4.12.1 Membina Budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif. 4.2.2 Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing. 4.12.3 Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer. 4.12.4 Mengembangkan dan menggunakan abstraksi. 4.12.5 Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa mampu membuat program sederhana untuk menunjang komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain. 4.12.6 Mengembangkan rencana pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK). 4.12.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual. |
Demikianlah informasi mengenai KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.panduandapodik.id/