Siap-siap, Siang Ini Ketua KPU Akan Laporkan Penyebar Hoaks 7 Kontainer ke Bareskrim

shares

Loading...
KPU akan melaporkan kasus hoax surat suara tercoblos ke Bareskrim Polri. Pelaporan dilakukan siang ini.

"Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti yang cukup, jika dirasa perlu nanti siang kami akan sampaikan secara resmi ke kepolisian," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2019).

KPU sedang mengumpulkan bukti-bukti terkait berita bohong tersebut. KPU meminta polisi menindaklanjuti laporan tersebut.

"Rekaman audio yang dikirim banyak orang, kemudian tulisan-tulisan di media sosial ada di Twitter, ada di Instagram, lalu Facebook," ujar Arief.

"Nanti kami kumpulkan buktinya kita serahkan kepada pihak kepolisian, kami meminta ditindaklanjuti," sambungnya.

Sementara itu, komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan, pihaknya mendatangi Bareskrim pada pukul 14.00 WIB. Pelaporan akan langsung dilakukan ketua KPU.

"Mungkin jam 14.00 WIB. Saya, ketua dan anggota-anggota," ujar Hasyim.

Kabar soal tujuh kontainer surat suara yang tercoblos itu tersebar di grup WhatsApp serta diungkap Wasekjen PD Andi Arief lewat akun Twitter @AndiArief__. KPU bersama Bawaslu, Rabu (2/1), langsung mengecek ke lokasi yang disebutkan berada di Pelabuhan Tanjung Priok.

Namun, KPU memastikan kabar terkait adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, adalah bohong. Penegasan ini disampaikan setelah KPU mengecek kontainer di Tanjung Priok.


"Tidak ada, itu tidak benar, tidak ada TNI AL yang menemukan itu dan tidak benar KPU telah menyita," ujar Ketua KPU Arief Budiman seusai sidak di Tanjung Priok, Rabu (2/1).

Detik
Loading...
loading...