Jelang Tutup Tahun, Presiden Jokowi Pamer RI Kuasai Blok Mahakam hingga Rokan

shares

Loading...
Menjelang pergantian tahun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan syukur atas sejumlah pencapaiannya dalam sektor energi pada 2018.

Dalam akun instagram @jokowi, Senin (31/12/2018), Kepala Negara menegaskan bahwa Pemerintah memiliki komitmen yang besar untuk mengupayakan kedaulatan negara atas sumber daya alam yang dimilikinya dengan penguasaan negara terhadap sumber daya alam minyak dan gas (migas).

“Dan kini, Alhamdulillah, kita menutup tahun 2018 dan memasuki tahun yang baru, sebagai bangsa yang semakin berdaulat atas bumi dan kekayaan alamnya sendiri,” tulis Jokowi.

Jokowi mengatakan, sejak 1 Januari 2018, Blok Mahakam kembali dikelola sepenuhnya oleh Pertamina, setelah 50 tahun daerah kaya minyak dan gas di Kalimantan yang dikenal dengan Blok Mahakam, dikuasai oleh kontraktor asing dari Prancis (Total E&P Indonesie) dan Jepang (Inpex Corporation).

Selain itu, Blok Rokan di Riau yang sebelumnya dikelola oleh perusahaan Amerika, Chevron selama 50 tahun, pada akhir masa kontraknya tahun 2021 sepenuhnya akan dikelola oleh Pertamina.

Selanjutnya, Jokowi menambahkan, Pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menugaskan Pertamina untuk mengelola delapan blok migas yang habis masa kontraknya tahun ini.


Delapan blok itu, selain Blok Mahakam dan Blok Rokan, Blok Tuban di Jawa Timur, Blok Ogan Komering di Sumatra Selatan, Blok South East Sumatera (SES) di lepas pantai Lampung dan Jakarta, Blok North Sumatera Offshore (NSO) di pesisir timur Sumatra, Blok East Kalimantan, Blok Attaka di Kalimantan Timur, Blok Tengah, dan Blok Sanga-Sanga.

Okezone
Loading...
loading...