Heboh Kasus Wawan 'Ngamar' di Hotel, Ini Sederet Nama Artis yang Sempat Mampir ke KPK

shares

Loading...
Adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, kembali bikin heboh karena diduga 'ngamar' bareng artis di hotel meski dirinya ditahan di Lapas Sukamiskin. Sebelum itu, pernah ada artis yang 'mampir' alias diperiksa KPK terkait Wawan.

Wawan merupakan terpidana kasus suap kepada eks Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Dia dihukum 5 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan yang kemudian diperberat menjadi 7 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan di tingkat kasasi.

Selain kasus suap, Wawan kini juga masih berstatus tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Untuk kasus inilah ada sejumlah artis yang dipanggil KPK. Berikut daftarnya:

- Jennifer Dunn

Artis yang akrab disapa Jedun ini diperiksa KPK pada Jumat (14/2/2014). Kala itu dia hadir dengan kemeja putih tipis lengan panjang dan celana panjang yang bolong di bagian lututnya, Jennifer melangkah masuk ke dalam Gedung KPK bersama pengacara Hotman Paris Hutapea dan beberapa stafnya.

Dia mengakui pernah berhubungan dengan Wawan. Namun, menurut Jennifer hubungannya dengan suami Airin Rachmi Diany itu hanya sebatas teman.

"Saya memang mengenal Pak Wawan, hubungannya sebatas teman," ujar Jennifer usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jl HR Rasuna Said.

Jennifer saat itu diperiksa terkait pemberian mobil Toyota Vellfire dari Wawan. Mobil itu disebut diberikan Wawan kepada Jennifer untuk merayu agar sang artis mau bergabung ke production house (PH) yang dibuat Wawan.

"PH-nya Wawan mau bikin film, jadi itu (mobil Vellfire) DP-nya," kata pengacara Jennifer, Hotman Paris saat itu.

- Rebecca Reijman

KPK memeriksa artis seksi Rebecca Reijman terkait kasus TPPU Wawan. Rebecca diduga telah menerima satu unit mobil dari Wawan.

"Benar penyidik hari ini memeriksa Rebecca Reijman. Jadi penyidik menduga Rebecca telah menerima sebuah mobil dari TCW," ujar Jubir KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2014).

- Catherine Wilson

Catherine Wilson diperiksa KPK sebagai saksi kasus TPPU Wawan pada Senin 24 Februari 2014. Wawan diduga memberi mobil Nissan Elgrand kepada wanita yang akrab disapa Keket ini.

Mobil tersebut juga sudah disita KPK. Mobil tersebut berwarna silver dengan nomor polisi B 1387 SKB.

- Reni Yuliana

Ada lagi artis yang diperiksa KPK terkait kasus pencucian uang Wawan, yaitu Reni Yuliana. Dia juga diduga menerima mobil dari Wawan.

"Benar hari ini ada pemeriksaan tambahan atas nama Reni Yuliana, swasta untuk TPPU TCW," ujar Jubir KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (26/2/2014).

- Aima Diaz

Penyidik KPK juga memeriksa artis Aima Diaz atau yang memiliki nama asli Aima Mawaddah Warrahmah. Dia diperiksa pada 4 April 2014.

Wakil Ketua KPK saat itu Busyro Muqoddas mengungkapkan bahwa Diaz telah menerima pemberian dari Wawan. Pemberian itu diduga terkait pencucian uang Wawan.

"Lazimnya itu bisa duit dalam berbagai bentuk lainnya kayak cek dan macam-macam, atau barang-barang yang non cash kayak mobil, rumah, barang bergerak, tidak bergerak, bisa itu," jelas Busyro di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (4/4/2014).

- Irwansyah

Tak cuma artis wanita. KPK juga memeriksa Irwansyah sebagai saksi kasus dugaan TPPU Wawan pada Kamis (22/1/2015).

Irwansyah sendiri tak banyak bicara soal pemeriksaannya kala itu. Namun, berdasarkan informasi yang didapat, penyidik KPK tengah mendalami berapa uang yang diberikan Wawan ke Irwansyah. Keduanya disebut pernah bekerja sama mendirikan production house.


Modal production house adalah dari Wawan. KPK menduga, uang yang digunakan untuk modal terindikasi berasal dari tindak kejahatan korupsi.

Detik
Loading...
loading...