Habiskan Rp150 Miliar, Anies Baswedan Buka Sayembara Revitalisasi Monas

shares

Loading...
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menetapkan dana Rp 150 miliar dalam APBD 2019 untuk merevitalisasi Tugu Monumen Nasional alias Monas, Jakarta Pusat. Nantinya, Anies mengadakan sayembara untuk penataan Monas.

Anies mengatakan, sayembara itu dilakukan agar pemprov mendapatkan gambaran rancangan besar penataan kawasan Tugu Monas.

"Sekarang sedang disiapkan sayembara untuk penataan Monas, nanti kalau sudah ada pemenang, akan kami jadikan masterplan dan mulai dikerjakan," kata Anies saat ditemui di JPO Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Anies menjelaskan, revitalisasi Monas sangat perlu dilakukan agar dapat beroperasi secara optimal. Menurut Anies, pemanfaatan kawasan Monas kekinian masih sangat terbatas dan fasilitas yang disediakan juga tidak banyak.

Padahal, Monas merupakan salah satu ikon ibu kota bahkan negara Indonesia. Keberadaan Monas menjadi pusat perhatian bagi warga dalam negeri maupun mancanegara.

"Sekarang pemanfaatannya terbatas pada hari Sabtu dan Minggu. Kegiatannya juga terbatas, Monas jadi seperti lapangan besar tapi aktivitas di situ sangat minim," ungkap Anies.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono meminta agar Pemprov DKI Jakarta melakukan revitalisasi terhadap Monas. Gembong meminta agar Pemprov DKI dapat memberikan pembaruan di Monas sehingga bisa lebih baik.


"Konsepnya dari SKPD belum disampaikan ke DPRD, cuma soal anggaran. Tapi ya harus ada pembaruan, inovasi begitu," kata Gembong.

Suara
Loading...
loading...