Ada Reuni 212, Jubir Katedral: Banyak Jemaat yang Misa Haru Sabtu atau Pindah Gereja

shares

Loading...
Reuni 212 di Monas dan misa mingguan di Gereja Katedral berlangsung dalam waktu yang bersamaan pagi ini. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan langkah jemaat Katedral untuk beribadat.

Pantauan detikcom di Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2019), suasana Katedral tampak tenang. Tidak sedikit mobil yang terparkir di area parkir Katedral. Jemaat tampak keluar-masuk Katedral untuk beribadat. Bahkan terlihat juga acara pemberkatan pernikahan digelar di sana.

Pengamanan yang berlebih juga tidak tampak di sekitar gereja, meskipun banyak peserta Reuni 212 yang berkumpul di Masjid Istiqlal, yang berada tepat di depan gereja.

Namun jemaat yang hadir dalam misa hari ini memang tidak seperti hari biasanya. Sebab, sejumlah rute jalan menuju Katedral juga dialihkan karena ada Reuni 212.

"Beberapa misa pada hari ini otomatis tidak seperti pada hari minggu biasanya. Jadi pada hari ini berkurang cukup signifikan," ujar jubir Katedral, Susyana Suwadie, saat ditemui.

Susyana menjelaskan, pada misa di hari Minggu, biasanya di pagi hari jemaat sudah memenuhi Katedral. Sebanyak 500-1.500 orang biasanya memadati area dalam dan halaman gereja.

"Biasanya pagi itu banyak, terutama di hari Minggu ada sebanyak 6 kali misa, yaitu pukul 06.00, pukul 07.30, 07.30 sudah mulai padat, kemudian pukul 09.00 dan pukul 11.00 itu adalah puncak, yang biasanya padat," kata Susyana.

"Jadi banyak umat yang mungkin sudah bisa memperkirakan akan terjadi kemacetan, sehingga mereka mungkin misanya sudah di hari sebelumnya, di hari Sabtu ataupun mungkin ke gereja lain, ataupun nanti sore, karena nanti masih ada misa pada pukul 17.00 WIB atau 19.00 WIB," imbuhnya.

Sementara itu, terkait pemberkatan pernikahan, Susyana mengatakan tidak ada kendala yang menghambat. Jalannya Reuni 212 dan massa yang berkumpul di Istiqlal tidak mengurangi kelancaran peribadatan.


"Sebenarnya kalau dari pihak pengantin sudah bisa memperkirakan waktu, jadi mereka tidak kesulitan hadir di sini. Memang tadi misa pemberkatan (misa pernikahan) hanya mengalami keterlambatan beberapa menit, misa pernikahan ini harusnya pukul 13.00 WIB, tadi baru dimulai sekitar 13.10 WIB," pungkas Susyana.

Detik
Loading...
loading...