Tanggapi Janji Prabowo-Sandi Gaji Guru Rp20 Juta, Ini Jawaban Mendikbud

shares

Loading...
Calon presiden Prabowo Subianto akan menaikkan gaji guru sebesar Rp 20 juta per bulan jika menang Pilpres 2019. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan urusan gaji tenaga pengajar diserahkan ke Menkeu Sri Mulyani.

"Itu (urusan) Bu Menteri Keuangan, bukan tugas saya. Tugas saya bina guru, bukan gaji guru," ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11/1018).

Janji soal gaji guru ini sebelumnya disampaikan Mardani Ali Sera selaku Wakil Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi. Kenaikan gaji guru dinilai akan membangkitkan gairah dan kualitas pengajaran.

"Karena itu angka Rp 20 juta itu sebagai efek kejut bahwa guru itu harus mendapat perhatian dan angka Rp 20 juta itu paling utamanya untuk guru profesional yang sudah lulus berbagai halnya," tutur Mardani, Rabu (21/11).

Selain itu, pasangan Prabowo-Sandi juga akan merekrut guru dari luar. Peluang guru yang akan direkrut di antaranya dari Eropa dan Amerika.


"Kita pengen attract (menarik) guru-guru dari Finlandia dari Eropa dari Amerika untuk memperbaiki kualitas pendidikan kita disesuaikan dengan kompetensinya," kata Mardani.

Detik
Loading...
loading...