Momen Iriana Jokowi Gendong Anak Papua Naiki 105 Anak Tangga di Monumen Kapsul Waktu Merauke

shares

Loading...
Ibu Negara Iriana Joko Widodo sedang ramai diperbincangkan karena menggendong anak Papua dalam acara peresmian Monumen Kapsul Waktu di Merauke. Iriana disebut-sebut menaiki 150 anak tangga sambil menggendong anak tersebut.

Dalam video yang terekam, Iriana memang menggendong seorang anak yang berasal dari Papua saat menaiki anak tangga di Monumen 'Markas Avengers' Kapsul Waktu pada Jumat (16/11). Iriana berjalan di samping Presiden Jokowi.


Tidak tampak peluh kelelahan saat Iriana menggendong anak tersebut. Barulah Paspampres di belakangnya melepas gendongan tersebut saat Iriana sampai di puncak anak tangga.

Momen inilah yang ramai dibahas di media sosial. Para netizen menyebut Iriana menaiki 150 anak tangga. Bahkan ada meme yang tersebar dengan narasi serupa.

"Terima kasih Ibu Iriana telah menaiki 150 anak tangga demi mengantarkan mimpi anak bangsa," tulis meme tersebut.

Namun seperti apa faktanya? Saat dimintai konfirmasi, Deputi Protokol, Pers, dan Media Setpres, Bey Machmudin, menerangkan Iriana menaiki 105 anak tangga saat itu di lokasi. Kemiringan tangga juga tidak begitu curam.

"105 (anak tangga). Anak tangganya landai," kata Bey, Sabtu (17/11/2018).

Sebenarnya Jokowi saat itu juga sempat menggendong seorang anak asal Papua. Momen serupa juga dilakukan Jokowi saat mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

Detik
Loading...
loading...