Mendengar Laporan Harga Sembako dari Soekarwo, Presiden Jokowi: Saya Sangat Senang

shares

Loading...
Gubernur Jawa Timur Soekarwo melaporkan harga bahan kebutuhan saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peresmian Masjid Kampus Muhammadiyah Lamongan dan kenaikan status 6 perguruan tinggi Muhammadiyah. Jokowi senang mendengar laporan itu.

"Harga pangan memang di luar peresmian STIKES, tapi ini penting bagi kami. Kami laporkan triwulan 1 tahun 2017 sampai triwulan 3 tahun 2018, Perpres Nomor 71 Tahun 2015, bahan pokok bukan 9 lagi tapi 17. Sampai bulan September, inflasi 1,78. Kalau inflasi 1,78, barang naik dari mana?" ujar Soekarwo di Universitas Muhamadiyah Lamongan, Jatim, Senin (19/11/2018).


Soekarwo lantas merinci daftar harga bahan dan kebutuhan pokok di Jawa Timur. Dia mengatakan harga daging stabil.

"Gula pasir deflasi, minyak goreng deflasi, Pak, daging stabil, sapi murni dari Rp 105 ribu ke Rp 106 ribu. Ayam broiler dari Rp 28 ribu jadi Rp 29 ribu, tapi ayam kampung turun, ayam ras turun, susu kental manis merek Bendera dan Indomilk stabil, susu instan stabil," papar Soekarwo.

Untuk harga jagung dilaporkan naik. Namun kenaikan harga itu, kata Soekarwo, dinilai penting bagi petani jagung di Jatim.

"Jagung pipilan kering Alhamdulillah naik sedikit karena penting bagi petani, garam beryodium deflasi, tepung terigu triwulan I 2017 sampai sekarang stabil. Kami cek di pasar betul, hampir terbawa info salah, kami cek langsung ke 110 pasar," tutur Soekarwo.

Harga-harga lainnya yang dilaporkan meliputi kacang kedelai, mi instan, hingga ikan teri. Rata-rata harga cenderung stabil, ada juga yang naik untuk sayur-mayur.

"Kacang kedelai impor lokal stabil, mi instan stabil, bumbu-bumbu, bawang merah naik, yang lain turun. Ikan teri stabil, kacang ijo stabil, kacang tanah, ketela pohon turun, sayur mayur yang naik kol, wortel dan buncis," kata Soekarwo.

Mendengar laporan Soekarwo, Jokowi mengaku senang. Sebab, di tahun politik, peran kepala daerah diperlukan menjelaskan kondisi perekonomian di wilayahnya.

"Saya tadi sangat senang dapat laporan dari gubernur Jatim. Memang di luar konteks tapi itu sangat relevan. Tahun politik perlu penjelasan lebih konkret. Kalau yang menjelaskan pimpinan provinsi memberi keyakinan. Inflasi ada hubungannya ke stabilitas harga. Empat tahun lalu inflasi kita di angka 9 dan 8. Tadi di Jatim 1,78, angka yang sangat rendah," kata Jokowi.

Detik
Loading...
loading...