Kalau Surabaya Lagi Heboh Bunga Sakura, Kali Sentiong Jakarta akan Ditanami Enceng Gondok

shares

Loading...
Muncul wacana menanam eceng gondok di Kali Sentiong. Eceng gondok diyakini bisa menjadi penjernih air pada kali yang dikenal dengan sebutan Kali Item, saking hitam pekat warna airnya.

"Di samping faktor negatif, eceng gondok kan banyak positifnya, salah satunya adalah cepat untuk membuat air itu jernih," ujar Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) UPK Badan Air Jakarta Utara, Lambas Sigalingging saat dihubungi, Kamis (29/11/2018).

Usulan ini muncul dari pengalaman di waduk Pegangsaan Dua. Eceng gondok membawa perubahan terhadap warna air.

"Jadi ternyata akar eceng gondok ini sangat kuat mengangkat partikel (polutan) itu, itu fakta kita lihat. Nah mungkin kalau ini kita pelihara di sana (Kali Sentiong) bisa kayak begini, dia nyerap. Kan Kali Sentiong terkenal item ya," sambung Lambas.

Penanaman eceng gondok direncanakan dengan lebih dulu menempatkan pelampung sebagai sekat di permukaan Kali Sentiong. Bibit eceng gondok akan dimasukkan di area pelampung terpasang.

"Yang jelas salah satu usulan kita di Kali Sentiong, tapi saya belum tahu titiknya di mana," ujar Lambas.


Kali Sentiong sendiri melintas di depan Wisma Atlet, yang dulu pernah dipasang waring saat perhelatan Asian Games 2018. Namun, waring dilepas setelah kondisinya rusak dan menjadi 'tempat sampah'.

Detik
Loading...
loading...