Berkoar Janji Tidak akan Datangkan Produk Luar Negeri, Timses Jokowi: Kuda Prabowo Bukan Impor?

shares

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mempertanyakan janji capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mengatakan Indonesia tidak perlu melakukan impor lagi jika dia menjadi presiden. Timses Jokowi berbicara soal kuda peliharaan Prabowo.

"Memangnya kuda kebanggaan yang ditunggangi Pak Prabowo itu bukan impor? Jangan gampang bicara deh! Masa kita tidak perlu impor sama sekali sih. Yang realistis saja jika bicara," kata jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, saat dimintai konfirmasi, Senin (5/11/2018).


Prabowo, Ace mengatakan, boleh bercita-cita apa pun, termasuk soal impor. Namun dia menegaskan mimpi juga harus sesuai dengan realitas.

"Sebagai sebuah keinginan dan cita-cita, boleh-boleh saja. Tapi tentu harus realistis. Saya ambil contoh sederhana. Masyarakat kita kan banyak mengonsumsi mi instan yang bahan bakunya berasal dari gandum. Lah, gandum itu pasti harus impor karena tidak bisa ditanam dengan baik di Indonesia. Apa kita mau menghentikan supaya rakyat Indonesia jangan makan mi instan?" ucap Ace.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menegaskan dirinya tidak mendorong bangsa ini untuk melakukan impor. Akan tetapi, sekali lagi kata Ace, bangsa ini juga harus realistis.

"Bukan berarti kita mendorong impor ya. Kalau kita bisa tentu lebih baik. Namun kita harus realistis, ada komoditas tertentu yang memang kita membutuhkan bahan baku impor," tegas politikus Golkar itu.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan dia akan membuat Indonesia berdiri di atas kaki sendiri dan tidak perlu mengimpor apa pun andai terpilih di Pilpres 2019.

Prabowo awalnya berbicara soal pentingnya perubahan dan tugasnya sebagai alat bangsa. Hal tersebut disampaikan Prabowo dalam acara di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/11).

Eks Danjen Kopassus itu mengatakan dasar tugasnya yang kedua memiliki makna yang luas. Dia lalu berbicara soal nama koalisinya, Koalisi Indonesia Adil dan Makmur. Di sinilah Prabowo mulai berbicara soal impor.

"Saya bersaksi di sini, kalau insyaallah saya menerima amanat dari rakyat Indonesia, saya akan bikin Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri! Kita tidak perlu impor apa-apa. Saudara-saudara sekalian, kita harus dan kita mampu swasembada pangan! Mampu!" ungkap Prabowo.

Detik
loading...