Gerindra: Prabowo Subianto Sudah Perbaiki Gizi Rakyat Indonesia Selama 15 Tahun Lebih

shares

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyebut capres Prabowo Subianto sudah sejak lama memperjuangkan perbaikan gizi buruk anak-anak Indonesia. Prabowo ingin terus melakukan hal itu dengan menggalakkan Gerakan Emak-emak dan Anak-anak Minum Susu (Gerakan Emas).

"Gerakan masyarakat ini berangkat dari keprihatinan dan kepedulian masyarakat yang terinspirasi dari kepedulian Prabowo Subianto yang telah memperjuangkan perbaikan gizi buruk bagi anak-anak selama 15 tahun lebih," kata Rahayu dalam keterangannya, Kamis (25/10/2018).


Sebagai kader Gerindra, Rahayu juga ikut menggiatkan Gerakan Emas dengan memperkenalkannya kepada sesama perempuan. Dia juga dibantu istri cawapres Sandiaga Uno, Nur Asia, yang tertarik dengan gerakan itu.

"Dalam diskusi itu ada kesepahaman antara Ibu Nur Asia dan kelompok masyarakat untuk bersama-sama mengampanyekan kewaspadaan kepada ibu hamil dan balita terhadap ancaman gizi buruk," ujar dia.

Berdasarkan data World bank, hampir 9 juta atau 37 persen anak balita Indonesia terhambat pertumbuhan fisiknya dan kemampuan berpikirnya. Jumlah tersebut, menurut Rahayu, menempatkan Indonesia di peringkat negara kelima di dunia dengan jumlah terbanyak anak-anak penderita stunting (gizi buruk).

"Dampak gizi buruk ini sangat luas, bukan hanya masa depan anak, tapi masa depan bangsa. Karena itu perlu perubahan yang radikal dalam upaya pencegahan gizi buruk ini," ujar aktivis perempuan ini.

Karena itu, Rahayu berharap Gerakan Emas bisa menyadarkan masyarakat, terutama ibu hamil, akan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi baik seperti susu, tempe, ikan dan kacang hijau.

"Pengentasan gizi buruk ini bisa terjadi dan berhasil secara signifikan jika kemiskinan dan kelemahan ekonomi yang selama ini hinggap di masyarakat bisa diatasi segera dengan kebijakan pemerintah yang pro rakyat," tegasnya.

Detik
loading...