DPR minta pemerintah audit menyeluruh Lion Air

shares

Pesawat Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkalpinang jatuh di Perairan Karawang. Hingga kini, pesawat belum ditemukan dan pencarian masih terus dilakukan tim Basarnas.

Anggota Komisi V DPR Ridwan Bae menilai pemerintah harus segera mengaudit manajemen maskapai penerbangan Lion Air. Sebab, maskapai tersebut sering meresahkan bangsa Indonesia.


"Kalau saya berpendapat bahwa sebaiknya diaudit dulu secara menyeluruh," kata Ridwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/10).

Menurutnya audit juga harus dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari tingkat manajemen hingga teknis.

"Jangan setengah-setengah harus diperiksa secara menyeluruh mulai dari manajemennya kemudian teknisnya," ujarnya.

Jika hasil audit tidak sesuai yang diinginkan dan merupgikan masyarakat, maka kata dia, maskapai itu harus diberikan sanksi berupa pencabutan izin operasi. Menurutnya, hal ini dilakukan demi kepentingan masyarakat banyak.

"Tindakannya tidak setengah-setengah, kalau itu memang didapatkan merugikan masyarakat Indonesia pemakai penerbangan ini, maka ya harus cabut izin jangan ragu-ragu. Ini buat keselamatan bangsa dan keselamatan masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan kejadian seperti ini bukalah yang pertama bagi Lion. Dia berharap tak ada lagi kejadian kecelakaan dari maskapai Lion.

"Komisi V beberapa kali mengundang Lion, Menhub, setiap kali ada kasus seperti ini dan yang terjadi apa? Lion lagi Lion lagi. Saya berharap mudah-mudahan kejadian yang terakhir yang seharusnya pemerintah harus mengambil tindakan tegas itu setelah dilakukan audit yang lebih serius," ucapnya.

Merdeka
loading...